Beberapa Tahapan Melakukan Diversifikasi Aset Pada Investasi Dengan Melihat Risikonya

Ada beragam cara yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir risiko dalam kegiatan investasi yang Anda jalankan. Salah satu yang bisa Anda lakukan yaitu dengan melakukan diversifikasi aset pada investasi yang Anda miliki. Melakukan diversifikasi aset bisa membantu Anda agar risiko semakin minim dan keuntungan yang didapat juga lebih optimal. Untuk melakukan diversifikasi aset, ada berbagai tahapan yang bisa Anda lakukan salah satunya yaitu dengan melihat risiko dari masing-masing aset yang Anda miliki.

  • Cari tahu risiko masing-masing investasi
    Untuk melakukan diversifikasi aset, pertama-tama Anda harus mengetahui risiko dari masing-masing investasi yang Anda miliki. Periksalah risiko dari masing-masing aset investasi yang Anda miliki mulai dari p2p Indonesia, reksadana, properti, hingga saham. Cari tahu manakah investasi yang memiliki risiko paling besar dan mana yang paling kecil. Setelah itu, urutkan dan buatlah pertimbangan dari risiko yang akan Anda hadapi pada tiap investasi tersebut.
  • Buat Risk ToleranceJika Anda telah mengetahui risiko dari masing-masing investasi, selanjutnya buatlah toleransi risiko yang Anda perbolehkan pada setiap peluang investasi yang Anda miliki. Membuat risk tolerance akan membantu Anda untuk mengetahui mana investasi yang memiliki risiko terlampau tinggi dan mana investasi yang tergolong aman untuk dijalankan. Buatlah risk tolerance berdasarkan berbagai pertimbangan mulai dari jaminan keamanan investasi, jangka waktu investasi, kepastian mendapatan imbal hasil dan jumlah imbal hasil yang ditawarkan.
  • Tentukan mana jangka waktu investasi yang terbaik untuk dijalaniApabila Anda telah membuat risk tolerance, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan yakni dengan menentukan mana jangka waktu investasi yang terbaik untuk dijalani. Setiap investasi terbagi menjadi beberapa jangka waktu seperti jangka panjang, jangka sedang dan jangka pendek. Anda harus mengetahui mana dari tiap investasi tersebut yang cocok untuk jangka waktu tertentu. Pilihlah jangka waktu investasi yang sesuai dengan tujuan investasi dan sebaiknya diversifikasi pula aset yang Anda miliki berdasarkan jangka waktu investasi tersebut.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply