Catat, Atraksi dan Festival Keren yang Diadakan di Bali

Ilustrasi Festival Kite source pixabay.com

Ilustrasi Festival Kite source pixabay.com

Bali, tak bosan-bosannya untuk menjelajahi pulau yang satu ini. Setiap daerahnya menawarkan objek wisata yang beragam. Belum lagi kuliner-kulinernya yang menggiurkan dan selalu membuat lidah bergoyang. Meskipun Pulau Bali ini sudah tersohor ke berbagai pelosok dunia, masyarakat lokalnya masih mempertahankan tradisi. Dari tradisi itu pun muncullah berbagai tradisi, atraksi dan festival-festival yang menarik perhatian turis lokal ataupun mancanegara.

Hampir setiap bulan ada saja kegiatan atau festival yang diselenggarakan. Hal ini dimanfaatkan oleh pengusaha termasuk dalam bidang akomodasi untuk memberikan promo hotel di Bali. Nah, jika kamu ingin melihat festival-festival yang diselenggarakna di Bali, berikut ini rangkumannya.

  1. Festival Layang-Layang Bali
    Festival Layang-Layang Bali diadakan setahun sekali pada Juli hingga Agustus. Festival Layang-Layang ini memiliki simbol keagamaan yang menunjukkan bahwa layang-layang ini diterbangkan untuk mengirim pesan kepada Dewa-Dewa Hindu agar hasil pertanian melimpah dan baik. Bali Kite, nama lain dari festival ini dapat mengumpulkan ribuan peserta dan membawa layangan dengan berbagai gaya dan warna yang beragam. Beberapa bentuk layang-layanan yang sering dikonteskan seperti bebean (berbentuk ikan), Janggan (berbentuk burung) dan Pecukan (daun berbentuk) yang memiliki panjang hingga empat sampai sepuluh meter. Jika ingin menyaksikan Festival Layang-Layang Bali, kamu harus segera memesan tiket pesawat diantara dua bulan itu dan mencari hotel di sekitaran Sanur karena lokasi festival ini berada di Padang Galak, Sanur, Denpasar.
  2. Bali Vegan Festival
    Meksipun bertajuk Vegan tapi festival ini terbuka juga untuk wisatawan atau penduduk lokal yang non Vegan. Bali Vegan Festival biasanya hanya diadakan tiga hari di Paradiso Ubud pada 7 hingga 9 Oktober. Pada festival ini kamu dapat melihat Koki Vegan kelas dunia, musisi, komedia, penggemar gaya hidup vegan yang berasal dari seluruh dunia. Lewat festival Vegan ini kita akan banyak belajar bahwa bentuk kasih sayang itu luas dan bisa diberikan ke siaa saja. Mulai dengan menyayangi diri sendiri, ke orang lain hingga hewan. Perdamaian dunia atau world peace akan tercapai jika semua makhluk hidup peduli lebih dalam satu sama lain.
  3. Sanur Village Festival
    Sudah 12 kali, Sanur Village Festival ini digelar tiap tahunnya setiap 9 hingga 13 Agustus. Setiap tahunnya, Sanur Village Festival memiliki tema yang berbeda-beda. Pada 2017 ini, tema yang diusung adalah The New Spirit of Heritage. Pda festival ini, para turis dan penduduk lokal dapat menikmati berbagai hiburan hanya dalam satu waktu mulai dari tarian tradisional, musik, belanja barang-barang lokal, ataupun ragam kuliner. Selain itu, ada beberapa kegiatan yang menyenangkan sekaligus edukatif seperti coral plantation, bersih-bersih pantai, pelepasan tukik (bayi penyu) ke laut, environment activities, serta festival exhibition dan extinction plantation.
  4. Omed-Omedan
    Anak muda berciuman bebas di jalanan raya? Jangan dulu kaget. Di Bali terdapat tradisi Omed-Omedan atau dalam bahasa Indonesia yang artinya tarik menarik dimana anak muda yang umurnya 17 hingga 30 tahun dan belum menikah bisa mengikuti Omed-Omedan. Dengan diiringi lagu khas Omed-Omedan, para peserta saling berpelukan, cium, siram, lalu tarik. Namun semua ini menurut kepercayaan setempat bertujuan untuk ebrlajar soal kebersamaan dan kekeluargaan bukan untuk nafsu birahi. Semua peserta akan mendapat giliran satu persatu. Tradisi Omed-Omedan digelar sehari setelah Hari Raya Nyepi. Kamu dapat menyaksikan tradisi Omed-Omedan ini di Desa Sesetan. Tradisi ini sempat dihentikan tetapi kejadian aneh menimpa warga setempat dan disangkutkan dengan tradisi Omed-Omedan yang sempat dihentikan.
  5. Bali International Triathlon
    Bali International Triathlon sudah diadakan 10 kali di Pantai Mertasari, Sanur. Pada tahun ini akan digelar pada 15 Oktober 2017 di tempat yang sama. Target tahun ini sebanyak 200 peserta kan mengikuti berbagai kategori lomba seperti  Olympic Distance Course (renang 1.5 km, sepeda 40 km, lari 10km), Sprint Distance Course (renang 500 m, sepeda 20 km, lari 5 km), dan 5 km Fun Run. Acara ini disponsori oleh produk kesehatan sehingga para peserta dapat mengetahui glikemik dan analisis indeks lemak secara gratis. Bali patut berbangga hati pasalnya acara besar ini mendapatkan penghargaan dari sebuah majalah online triatlon di Asia sebagai Best Triathlon Races in Asia 2016.

Dari festival dan atraksi di atas mana yang ingin kamu saksikan langsung?  Pilih festival yang ingin kamu lihat atau ikut serta dan mulai persiapkan liburan. Sebaiknya, pesanlah tiket pesawat ke Bali minimal dua bulan sebelum keberangkatan. Untuk masalah akomodasi, kamu dapat menyesuaikan dengan bujet yang dimiliki atau mencari hotel yang memberikan harga promo. Agar lebih cepat kamu dapat mencari promo hotel Bali di reservasi.com, berbagai hotel di Bali bisa kamu temukan dengan mudah.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply