Objek Wisata Gili Meno

gili-meno

Obyek wisata yang ada di Indonesia merupakan salah satu dari kekayaan alam yang patut untuk dibanggakan. Setiap daerah di Indonesia memiliki keunikan baik dari segi keindahannya maupun adat istiadat yang ada di daerah tersebut sehingga menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya.

Sebagai salah satunya yaitu objek wisata yang berada di Propinsi Nusa Tenggara Barat yang  memiliki banyak daya tarik wisata alam salah satunya ada di daerah Mataram yaitu Gili Meno.

Gili Meno merupakan salah satu dari tiga pulau kecil, selain Gili Trawangan dan Gili Air, yang menjadi kawasan wisata bahari. Tempat ini dapat dicapai dari Kota Mataram sekitar 45 menit berkendaraan darat dengan perjalanan melewati Pantai Senggigi yang berlatarkan pemandangan pantai yang menakjubkan serta hutan lindung.

Gili Meno boleh diakui sebagai obyek menakjubkan karena menyimpan keindahan, ketenangan, kedamaian untuk dikunjungi dan terasa nyaman untuk dinikmati. Selain keindahan pantai dan pemandangan bawah laut yang indah, di Gili Meno juga terdapat beberapa objek wisata yang tidak ada di Gili Trawangan maupun Gili Air. Selain Bird Park, Gili Meno juga masih memiliki kawasan ekowisata hutan bakau (mangrove) dan danau air asin yang sayang jika tidak dikunjungi saat berada di pulau mungil ini.

Gili yang satu ini memang punya pesona berbeda dari Gili Trawangan dan Gili Air. Ini terbukti dengan adanya danau air asin dan hutan bakau yang berlokasi di tengah pulau, hanya di Gili Meno kita bisa menemukan kawasan ekowisata ini. Dan, lokasi ini bisa menjadi pilihan wisatawan untuk menghabiskan hari di Gili Meno baik dengan menjelajahi hutan bakau dan menikmati senja di danau air asin. Danau air asin tersebut dikelilingi hutan bakau memiliki luas sekitar enam hektare. Dengan hutan bakau yang ada, wisatawan bisa melihat berbagai jenis burung yang terbang bebas di atas danau atau sedang hinggap di pohon yang ada di area hutan bakau. Salah satunya adalah Burung Elang. Jika Anda kurang puas dengan kicauan burung-burung di danau ini, Anda bisa mengunjungi Bird Park yang berlokasi di Bird Park Homestay. Tak cuma mendengar kicauannya saja, Anda juga bisa melihat secara langsung burung dari berbagai jenis tersebut. Disini Anda juga berkesempatan menyentuh burung-burung tersebut, tentu saja atas seijin petugas penjaga taman. Taman burung ini terletak tepat ditengah-tengah Gili Meno, sekitar 100 Meter dari Danau Air Asin. Pada senja dan malam harinya, Anda bisa bergabung dengan penduduk setempat untuk menangkap ikan dan berburu.

Aktivitas lain yang menarik yang bisa Anda lakukan di Gili Meno adalah menjelajah gili ini. Karena ukurannya yang relatif kecil, Anda dengan mudah bisa mengelilngi Gili Meno ini sembari menikmatisunset. Jika ragu dengan fisik Anda, Anda bisa mengelilingi gili ini dengan menyewa Cidomo atau sepeda.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply