Usai Revitalisasi, Ini Perbedaan Fasilitas dari Tiket Kereta Api

Pentingnya kereta api sebagai salah satu alat transportasi yang ramah masyarakat membuat perbaikan terus dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi para penumpangnya. Belakangan, fasilitas yang akan Anda dapatkan dengan membeli tiket kereta api memiliki perubahan dari hari-hari sebelumnya.

Tidak Perlu Mengantre saat Membeli Tiket

Sebelum naik kereta api, kita diharuskan membeli tiket terlebih dahulu. Untungnya, sekarang kita tidak perlu mengantre ketika membeli tiket. Banyak situs-situs yang menyediakan pelayanan secara online untuk pembelian tiket naik kereta api. Jadi, Anda bisa membeli tiket kapan saja dan dimana saja dengan lebih mudah.

Pembelian pun bisa dilakukan meskipun keberangkatan masih 90 hari lagi. Pelayanan seperti ini membuat kita bisa mempersiapkan diri dengan lebih matang sebelum berangkat dengan kereta api.

Fasilitas yang Semakin Baik

PT KAI mengetahui betul bahwa sebagian besar orang tidak bisa terlepas dari yang namanya ponsel sehingga mereka menyediakan colokan di setiap baris kursi penumpang untuk memudahkan penumpang melakukan pengisian daya. Selain itu, setiap fasilitas yang diberikan juga sudah dibenahi hingga menjadi lebih baik.

Mereka turut memperbaiki ventilasi udara yang rusak, toilet yang kotor, kipas angin yang tidak berfungsi dan mengganti kursi yang tidak nyaman. Hal ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi siapa saja yang naik kereta api, khususnya bagi mereka yang sering bepergian dengan kereta api.

Jadwal yang Tepat Waktu

Dulu, mungkin hal yang biasa bagi kita menunggu kereta api yang telat. Bukan hanya dalam hitungan menit, bahkan kereta api pernah mengalami keterlambatan hingga 3 jam. Hal ini tentunya sangat mengecewakan bagi para penumpang. Namun, kondisi ini tidak akan Anda jumpai lagi setelah revitalisasi dilakukan.

Jadwal yang diberikan atau ditampilkan, itulah jadwal yang sebenarnya. Kereta api sekarang tidak hampir tidak pernah mengalami keterlambatan karena memang semua sistem sudah diperbarui menjadi lebih baik. Jadi, Anda tidak perlu menunggu lama hanya untuk menunggu kedatangan kereta api yang terlambat.

Peraturan terhadap Pedagang Asongan

Bagi Anda yang sering naik kereta api, pasti sudah tidak asing dengan para pedagang asong yang mewarnai stasiun. Ketika kereta api berhenti, para pedagang biasanya akan naik dan masuk ke kereta api untuk menjajakan barang dagangannya. Kondisi ini tentunya membuat penumpang merasa tidak nyaman.

Setelah revitalisasi dilakukan, pedagang asongan sudah tidak diperkenankan naik ke atas kereta api. Bahkan, mereka juga tidak diperbolehkan memasuki stasiun. Jadi, Anda bisa duduk manis dengan nyaman tanpa terganggu suatu apapun.

Pemeriksaan Tiket yang Diperketat

Selain peningkatan dalam hal fasilitas dan kenyamanan, PT KAI juga meningkatkan pemeriksaan tiket kereta api dengan lebih teliti dan cermat. Sebelum masuk ke area kereta api, Anda harus menunjukkan tiket dan kartu identitas resmi pada petugas. Baru kemudian Anda diperbolehkan masuk.

Peningkatan Fasilitas sesuai Kelasnya

PT KAI menyediakan 5 sub kelas dengan fasilitas dan harga tiket yang berbeda-beda, yaitu kelas ekonomi, bisnis, eksekutif, prioritas dan sleeper. Banyaknya subkelas yang ditawarkan membuat Anda bisa menyesuaikan sendiri dengan kebutuhan. Makin tinggi kelasnya, maka makin tinggi pula harga dan fasilitas yang diberikan.

Meningkatnya kenyamanan, keamanan dan fasilitas kereta api membuat kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi yang satu ini pun meningkat. Jumlah penumpang kereta api pun terus meningkat.

Itulah tadi informasi mengenai perubahan fasilitas dan pemeriksaan tiket kereta api yang semakin bagus. Kenyamanan yang meningkat diharapkan mampu meningkatkan minat masyarakat untuk lebih memilih moda transportasi umum ini sebagai upaya mengurangi kemacetan yang terjadi.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply